Pembelajaran Sains Berbasis Project Kearifan Lokal
Dalam pembelajaran sains, pemanfaatan kearifan lokal dalam pembelajaran seringkali hanya ditinjau dari paradigma lama, yaitu sebagai konteks pembelajaran agar mudah memahami konten materi IPA. Berbeda dengan paradigma lama, Buku ini mendeskripsikan pembelajaran sains dengan paradigma baru, yaitu Science Education for Sustainable Development (SESD). Perubahan paradigma dari sebagai konteks pembelajaran IPA menjadi SESD bukanlah hal yang mudah terutama jika masih mengalami masalah dalam pembelajaran dan belajar konten IPA. Itulah sebabnya buku disusun untuk membantu Pembaca, khusus guru atau dosen IPA (termasuk fisika kimia, dan biologi) mengembangkan paradigma SESD dalam pembelajaran sains berbasis kearifan local untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). Dalam paradigma SESD, belajar IPA tidak lagi untuk sekedar memahami konten materi IPA, melainkan untuk menggunakan IPA berkolaborasi dengan bidang ilmu lain yang terkait untuk mengembangkan memecahkan masalah dalam kehidupan sosial dan project. Kearifan lokal dipilih sebagai konteks karena sangat familiar dengan kehidupan sosial siswa atau mahasiswa, juga paling berpotensi mewujudkan SDGs bagi masyarakat indigenous dan sekitarnya. Oleh karena itu, kajian buku ini diawali dengan mengenal pembelajaran sains berbasis project dan paradigma pembelajaran sains berbasis kearifan local dan diakhiri dengan implementasinya dalam pembelajaran sains.




